Artikel

Sosialisai Preventif Penyalahgunaan Dana Desa Oleh Kapolres Banyuasin

11 April 2023 19:37:06  AHMAD SAFAAT  257 Kali Dibaca 

LIMBANG MULIA-Guna mencegah penyimpangan dalam penggunaan Dana Desa (DD), Baik dalam pengelolaan tatanan administrasi maupun implementasinya, Kapolres Banyuasin telah mengadakan sosialisasi Preventif Penyalahgunaan Dana Desa (DD), hal tersebut disampaikan Ipda/Kanit Tipikor Polres Banyuasin M.Fachrie Persada Putra, S.Tr.K.M.Si.,dan Pembina/Kepala DPMD Kab. Banyuasin Rayan Nurdinsa, S.STP.M.Si., Selaku Narasumber, saat Sosialisasi Preventif Penyalahgunaan Dana Desa, di Balai Desa Lalang Sembawa, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin, Senin (03/04/2023).

Sosialisasi ini bertujuan untuk memperingatkan dan menegaskan kepada seluruh Kepala Desa Se-Kecamatan Sembawa untuk tidak memegang Dana desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), hal tersebut mengantisipasi munculnya kemungkinan terjadinya penyimpangan, Oleh karena itu diperlukan Sosialisasi Preventif supaya anggaran desa bisa terserap maksimal tanpa adanya penyimpangan.

“Sesuai Ketentuan, uang Desa harus disimpan oleh Bendahara Desa, melalui Rekening Desa, Jadi Kepala Desa (Kades) tidak boleh membawa atau memegang Dana Desa (DD)” tegasnya, Beliau juga menyampaikan sesuai intruksi Presiden Joko Widodo, selama dua tahun kedepan jika ada temuan terkait adanya indikasi penyimpangan, tidak langsung diselesaikan secara jalur hukum, namun, penyelsaian akan dilakukan secara pembinaan, pihaknya juga terus berupaya melakukan Sosialisasi diberbagai Desa di Kabupaten Banyuasin.

Disisi lain, Camat Sembawa Drs. Erman Taufik, MM, menyambut kegiatan tersebut dengan antusias, beliau juga mengatakan saat ini pihaknya turut serta melakukan preventif untuk mencegah adanya penyimpangan Dana Desa (DD) dan Aloksi Dana Desa (ADD), pengawasan juga sudah dilakukan oleh jajarannya bersama Inspektorat.

Diharapkan, dengan adanya sosialisasi ini dapat membantu para Kepala Desa dalam mengambil keputusan dan mewujudkan perbaikan birokrasi, sehingga percepatan program-program strategis bisa dilakukan secara maksimal tanpa adanya penyimpangan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pemerintah Desa

 Peta Wilayah Desa

 Sinergi Program

PRODESKEL
KAB. BANYUASIN
KEC. SEMBAWA

 Agenda

 Statistik

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Desa Limbang Mulia Blok A Kec. Sembawa
Desa : Limbang Mulia
Kecamatan : Sembawa
Kabupaten : Banyuasin
Kodepos : 30953
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:149
    Kemarin:316
    Total Pengunjung:245.218
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:100.28.132.102
    Browser:Tidak ditemukan