Selamat Datang di Website Resmi Desa Limbang Mulya Kecamatan Sembawa - Sistem Informasi Desa Ini Dibuat Sebagai Bentuk Transparansi Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Limbang Mulya

Artikel

Membangun Desa Lewat Gotong Royong

24 Agustus 2016 16:02:44  TRI WAHYONO  378 Kali Dibaca 

Pada hari ini Jum,at tanggal 26 Agustus 2016 melaksanakan kegiatan Gotong royong untuk menimbun pondasi Masjid baru Al-Muhajirin dengan tanah timbunan, yang saat ini pembangunan Masjid tersebut barulah sampai tahap pengecoran pondasinya saja, dikarenakan kurangnya dana pembangunan Masjid. Warga masyarakat desa Limbang Mulya sangat bersemangat dengan kegiatan gotong royong ini dikarenakan kegiatan tersebut sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Seperti kita ketahui bahwa gotong royong sangatlah penting untuk menjaga dan meningkatkan konsistensi desa serta bentuk partisipasi masyarakat dalam turut serta membangun desa, kususnya desa Limbang Mulya yang kita cintai.

Gotong royong merupakan salah satu budaya kita sebagai warga Indonesia, dan mendapat pujian dari bangsa lain dikarenakan budayanya yang unik dan penuh toleransi antar sesama manusia. Ini juga merupakan salah satu faktor yang membuat Indonesia bisa bersatu dari Sabang hingga Merauke, walaupun berbeda agama, suku dan warna kulit. Namun di zaman serba modern saat ini semangat kegotong royongan dan keswadayaan yang berbasis pada nilai-nilai sosial budaya lokal mulai terkikis habis oleh perkembangan zaman. Orang-orang sudah memikirkan kebutuhan mereka sendiri tanpa memperhatikan lingkungan sekitar. Hal ini jangan sampai terjadi di bangsa Indonesia yang kehilangan kepribadiannya sebagai bangsa yang kaya akan unsur budaya. Namun semakin derasnya arus globalisasi mau tidak mau kepribadian tersebut akan terpengaruh oleh kebudayaan asing yang lebih mementingkan individualisme.

Banyak sekali manfaat gotong-royong selain mempererat rasa persatuan dan kesatuan, mempercepat penyelesaian pekerjaan juga membuat setiap pekerjaan menjadi lebih ringan dan sikap gotong royong dalam masyarakat kan menimbulkan rasa sosial yang tinggi, misalnya saja pada saat terjadi bencana alam dimana setiap orang berusaha untuk mengumpulkan dana dan membenahi infrastuktur yang rusak serta membantu pihak keamanan untuk mencari korban. Para warga akan secara otomatis sigap dalam membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan.

Harapan ke depan semoga semangat gotong royong yang telah tumbuh dan berkembang untuk tetap dilestarikan sepanjang waktu oleh masyarakat Desa Limbang Mulya Kecamatan Sembawa bahkan oleh seluruh masyarakat Indonesia, karena pada hakekatnya gotong royong adalah kultur dan budaya asli Indonesia dan merupakan warisan dari nenek moyang bangsa Indonesia.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Desa

 Aparatur Desa

Back Next

 Sinergi Program

PRODESKEL
KAB. BANYUASIN
KEC. SEMBAWA

 Agenda

 Statistik

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Desa Limbang Mulia Blok A Kec. Sembawa
Desa : Limbang Mulia
Kecamatan : Sembawa
Kabupaten : Banyuasin
Kodepos : 30953
Telepon :
Email :

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:86
    Kemarin:119
    Total Pengunjung:148.166
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.232.59.38
    Browser:Tidak ditemukan

 Arsip Artikel

17 Desember 2016 | 46.962 Kali
Sambutan Kepala Desa
26 Agustus 2016 | 36.702 Kali
Wilayah Desa
26 Agustus 2016 | 36.674 Kali
Sejarah Desa
31 Desember 2016 | 36.555 Kali
Badan Permusyawaratan Desa (BPD)
24 Agustus 2016 | 36.544 Kali
Pemerintah Desa
24 Agustus 2016 | 36.543 Kali
Visi dan Misi
31 Desember 2016 | 36.510 Kali
SUSUNAN PENGURUS KARANG TARUNA